Inilah 10 Waktu Terbaik Untuk Berdoa Menurut Rasulullah


Sahabat islam inspirasiku, ada waktu-waktu terbaik ketika berdoa. Waktu yang bias diijabahnya doa-doa kita. Kapan saja waktunya? Simak selengkapnya.

1. Sepanjang malam, terutama pada sepertiga akhir dan waktu sahur
"Allah turun ke dunia apabila tinggal sepertiga malam terakhir dan berkata, ada sesiapa yang memohon kepada ku untuk aku kabulkan? ada sesiapa yang meminta kepadaku untuk aku berikan? ada sesiapa yang beristighfar kepadaku untuk aku ampunkan?"(HR. Bukhari)

2. Ketika bangun tidur
"Seseorang hamba yang tidur dalam keadaan bersuci dan lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat, Allah akan mengabulkannya" – (HR. Ibnu Majah)

3. Ketika ayam berkokok
"Apabila mendengar ayam berkokok, mohonlah anugerahNya, karena ayam itu melihat malaikat" –(HR. Bukhari)

4. Antara adzan dan iqamat
"Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamat"(HR. At-Tirmidzi)

5. Sujud
"Sehampir-hampir hamba kepada tuhanNya adalah pada waktu sujud, maka perbanyakkanlah berdoa"(HR. Muslim)

6. Selepas bershalawat dalam tahiyat akhir
"Nabi mendengar seorang sahabat membaca tahiyat akhir dalam shalat nya, memuji allah kemudian berselawat ke atas baginda, kemudian baginda bersabda : "mintalah kepada allah niscaya akan diberikan dan mohonlah niscaya dipenuhi"(HR. An-Nasa’i)

7. Usai shalat 5 waktu
"Ketika Rasulullah ditanya tentang doa yang paling didengari oleh Allah, baginda menjawab "di pertengahan malam dan selesai shalat fardhu.""(HR. At-Tirmidzi)

8. Ketika diuji
"Atau siapakah yang memperkenankan doa orang yang menderita apabila dia berdoa kepadaNya dan yang menghapuskan kesusahan" (QS. An-Naml (27:62) )

9. Bermusafir
"Tiga doa yang tidak akan tertolak : doa orang yang di dzalimi, doa orang bermusafir dan doa  bapak kepada anaknya." (HR. At-Tirmidzi)

10. Ketika hujan turun
"Berdoalah pada waktu mustajab doa, yaitu sewaktu pasukan tentara bertempur, waktu mendirikan shalat dan ketika turun hujan."(HR. Abu Dawud)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Terindah Dari Doa Nabi Sulaiman AS

12 Ayat Al Qur’an Telah Dibuktikan Secara Ilmiah. Salah Satunya Tumbuhan Bertasbih

Jangan Malu Terlihat Miskin, Malulah Saat Pura-Pura Kaya, Bagikan Jika Setuju!