Punya Banyak Masalah? Baca Ayat Al Qur'an Ini Agar Hati Tenang dan Semangat


Masalah memang tidak pernah hilang dari kehidupan manusia. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari polemik rumah tangga, urusan pekerjaan dan masalah lainnya. Kondisi ini sering kali membuat hati seseorang yang mengalaminya menjadi tidak tenang dan dilanda rasa gundah yang luar biasa.

Terlalu sering memiliki masalah juga dapat menyebabkan seseorang kehilangan semangat hidupnya. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk segera mencari solusi untuk memulihkan hati yang gundah. Biasanya kita sibuk mencari pertolongan teman untuk bisa turut menyelesaikan masalah kita. Tindakan ini tidak jarang justru menimbulkan masalah baru. 

Padahal ada pengobat ampuh untuk menumbuhkan perasaan tenang dan bersemangat. Adalah Alquran yang berisi ayat-ayat yang menenangkan dan menyemangati. Makna kandungan tujuh ayat berikut ini dapat menenangkan dan membuat manusia lebih dekat kepada Allah SWT. Apa saja? Berikut ulasannya. 

1. QS.Al-Ra’d: 28

Ketika seseorang sedang dilanda masalah yang membuat hatinya tidak tenang dan menjadi tidak bersemangat dalam menjalanu kehidupan, maka bacalah Al-Qur’an Surah Al-Ra’d ayat 28. Dengan membaca ayat ini, akan membuat hati kita menjdi tenang karena mengingat-Nya. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS: Al Ra`d:28).

2. QS.Al-Zalzalah: 7-8

Banyak orang yang menyepelekan amalan-amalan kecil, padahal sebenarnya di dalam Islam semua perbuatan itu akan diperhitungkan walaupun sebutir atom. Banyak orang yang percaya bahwa dengan melakukan amalan-amalan kecil dalam menolong orang lain akan membuat hidupnya menjadi lebih bersemangat dan memberikan arti dalam setiap langkah.

” Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 7-8)

3. QS.Hud: 119

Ketika seorang mungkin menyadari bahwa ia diciptakan atas dasar rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT, maka akan menimbulkan kesadaran dalam hidupnya. Akan akan menjadi pribadi yang senantiasa berharap akan kasih sayang Allah dan jauh dari rasa putus asa. 

“Kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. dan untuk Itulah Allah menciptakan mereka” (QS. Hud: 119)

Orang-orang yang demikian ini mengetahui bahwa Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui. Selain itu, mereka juga sadar bahwa Allah tidak menciptakan satu makhlukpun dengan sia-sia. Hal inilah yang membuat pandangan hidupnya senantiasa menjadi positif. 

4. QS.Al-Fajr: 14

“Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.” (QS. Al Fajr: 14)

Orang yang mengetahui bahwa Allah SWT senantiasa akan mengawasi segala perbuatannya tidak akan berprilaku aniaya keppada sesama ataupun dirinya sendiri yang menimbulkan ketidaktenangan dalam hidupnya. 

5. QS. Al-Fajr: 17

“Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS. Al Fajr: 17)

Orang yang mengetahui bahwa jalannya terang di masa depan akan menjadi insan yang lebih baik dari masalalunya. Itulah yang menyebabkan hidup orang tersebut menjadi lebih semangat dan hari-hari yang dijalaninya pun akan tenang. angat dan hari-hari yang dijalaninya pun akan tenang.

6. QS. Al-Baqarah

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).

Orang yanng mengetahui apabila setiap perbuatan baik akan mendapatkan balasan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat bahkan tidak terbatas. Sementara orang yang melakukan perbuatan buruk hanya dihitung satu. Orang yang meyakini hal ini akan membuat hidupnya menjadi lebih semangat dalam melakukan perbuatan baik dan selalu gembira. 

7. QS. Al-Baqarah: 195

“Dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah: 195)

Tafsir dari ayat ini adalah oranga yang mengetahui bahwa Allah menyukai orang-orang yang senantiasa berbuat kebaikan dalam hidupnya. Orang yang demikian selalu hidup dalam keoptimisan untuk selalu melakukan amal yang baik. 

Orang yangd demikian ini mengetahui bahwa Allah SWT senantiasa akan menyembunyikan perbuatan buruknya. Akan tetapi Allah akan senantiasa menampakkan perbuatan baiknya, dengan demikian akan membuat hidup orang tersebut menjadi lebih tentram dan yakin dengan kasih sayang Allah yang tiada batas. 

Demikianlah ulasan mengenai ayat dalam Al-Qur’an yang bisa dibaca untuk membuat hati menjadi tenang dan semangat hidup kembali. Semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah SWT yang bertakwa dan menyadari bahwa segala permasalahan yang diberikan oleh Allah itu selalu ada jalan untuk mengatasinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Terindah Dari Doa Nabi Sulaiman AS

12 Ayat Al Qur’an Telah Dibuktikan Secara Ilmiah. Salah Satunya Tumbuhan Bertasbih

Jangan Malu Terlihat Miskin, Malulah Saat Pura-Pura Kaya, Bagikan Jika Setuju!