Mendapati Hal Ini, Rasulullah Marah Besar dan Berpidato Dengan Suara Keras


Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam adalah pribadi yang mulia. Akhlaknya penuh pesona. Dipuji oleh Allah Ta’ala di dalam al-Qur’an dan seluruh umat manusia, pun yang memusuhinya. Dialah manusia yang namanya harum dalam puja puji. Tiada satu pun perbutannya yang keliru sebab Allah Ta’ala menjaganya.
Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam merupakan pribadi yang sangat santun. Beliau jarang sekali marah. Beliau tidak pernah marah karena urusan pribadi. Beliau hanya marah ketika ada aturan Allah Ta’ala yang dilanggar.
Dalam episode kali ini, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam disebutkan marah besar, lalu berpidato dengan suara yang keras. Tentu, hal ini termasuk perkara besar meski banyak kaum Muslimin akhir zaman yang mengerjakannya.

Sahabat mulia ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu bertutur sebagaimana diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrani Rahimahullahu Ta’ala, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam tampak sekali emosi dan berpidato dengan suara keras hingga terdengar oleh para wanita dari tempatnya.”
“Wahai segenap orang yang beriman dengan lidahnya, tapi iman belum merasuk ke dalam hatinya! Janganlah kalian menyakiti orang-orang beriman dan janganlah mencari-cari kesalahan mereka. Sesungguhnya siapa yang mencari-cari kesalahan saudaranya sesama Muslim, maka Allah Ta’ala akan merobek tabir yang menutupi aibnya. Siapa yang mencari-cari kesalahan saudaranya, maka Allah Ta’ala akan membongkar aibnya, bahkan di dalam rumahnya sendiri.”
Datangilah ke banyak forum di berbagai kesempatan. Bergabunglah dalam berbagai komunitas. Kita akan mendapati orang-orang yang membicarakan aib saudaranya dengan tanpa merasa bersalah. Bukan hanya membicarakan, mereka juga berupaya sekuat tenaga untuk mengulik sebanyak mungkin cela untuk diperbincangkan pada sesamanya.
Mereka tidak akan puas hingga mendapati keburukan yang banyak pada diri saudaranya. Mereka hanya akan berhenti ketika nyawa dicabut. Mereka akan senantiasa menjadikan hal itu sebagai kebiasaan hingga menjadi karakter yang sukar ditinggalkan.
Lihatlah, saksikanlah. Ini penyakit akut. Bahkan banyak kaum Muslimin yang terjangkiti. Padahal, Allah Ta’ala mengancam mereka. Padahal, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam marah besar lantaran tindakan mereka ini.
Wallahu a’lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Terindah Dari Doa Nabi Sulaiman AS

12 Ayat Al Qur’an Telah Dibuktikan Secara Ilmiah. Salah Satunya Tumbuhan Bertasbih

Jangan Malu Terlihat Miskin, Malulah Saat Pura-Pura Kaya, Bagikan Jika Setuju!