Allah Memanggil Kita Hanya 3 Kali Seumur Hidup


Mungkin masih banyak orang yang belum tahu, kapan saja 3 waktu itu karena kita hanya mengenal kematian sebagai waktu dimana Allah memanggil umat-Nya untuk kembali. Sungguh ketiga waktu ini memiliki makna masing-masing di dalam kehidupan manusia.

Suatu ketika ibu mengatakan bahwa Allah hanya memanggil kita dalam tiga waktu saja seumur hidup. Kemudian anaknya bertanya, mengapa sedikit sekali Allah memanggil kita. Setelah itu, sang ibu menjelaskan kapan 3 panggilan Allah pada manusia tersebut, yaitu:

1. Adzan

Inilah panggilan Allah yang pertama. Panggilan yang satu ini adalah satu-satunya panggilan yang dapat kita dengar secara jelas dan nyata. Ketika masuk waktu shalat maka akan dikumandangkan panggilan Allah berupa adzan. Apabila kita melaksanakan shalat setelah adzan berkumandang maka kita telah memenuhi panggilan Allah tersebut. Namun, dalam panggilan ini Allah tidak cepat marah meskipun hamba-Nya tidak menanggapi langsung panggilan-Nya dengan menunda waktu shalat. Masih banyak orang yang terlambat untuk melaksanakan shalat, bahkan ada yang tidak mengerjakan sama sekali karena rasa malasnya. Tapi, Allah tidak marah seketika dan Dia masih memberikan rahmat-Nya, masih memberikan rezeki-Nya, kebahagian bagi umat-Nya, dan kenikmatan lainnya.

2. Haji

Panggilan kedua ini bersifat halus dan bergiliran. Tak semua hamba memiliki kesempatan dalam memenuhi panggilan Allah ini. Bahkan jalan menuju panggilan ini pun dapat ditempuh dengan berbagai macam, seperti berangkat haji dengan hartanya sendiri, berangkat karena orang lain atau berangkat haji hadiah dari suatu lomba atau ajang. Tidak ada yang menjamin jika orang yang tidak memiliki uang tidak dapat pergi haji karena apa pun bisa terjadi dengan niat yang kuat. Ketika kita memiliki niat haji, berpakaian ihram dan mengumandangkan ‘Labaik Allahuma Labaik’, maka saat itulah kita memenuhi panggilan Allah yang kedua. Kita akan merasa senang karena dapat menjawab penggilan Allah yang halus. Allah telah berfirman bahwa laksanakanlah haji bagi yang mampu.

3. Kematian

Inilah panggilan terakhir yang paling mengerikan. Panggilan ini lebih halus dan jarang disadari oleh siapapun yang akan dipanggil. Meskipun kematian ini adalah suatu hal yang pasti tapi tidak ada satu orang pun yang tahu kapan ia akan mendapatkan panggilan itu. Banyak orang yang tidak mampu memenuhi panggilan yang terakhir ini karena tidak dapat memahami tanda-tanda kematian. Panggilan ini lebih halus dan jarang disadari oleh siapapun yang akan dipanggil. Meskipun kematian ini adalah suatu hal yang pasti tapi tidak ada satu orang pun yang tahu kapan ia akan mendapatkan panggilan itu. Banyak orang yang tidak mampu memenuhi panggilan yang terakhir ini karena tidak dapat memahami tanda-tanda kematian yang diberikan oleh Allah. Oleh karena itu, kita hanya bisa menjawabnya dengan amal ibadah ketika masih hidup. Karena itu, sebaiknya kita dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk memperbanyak beramal saleh.

Berdasarkan penjelasan panggilan Allah kepada hamba-Nya di atas, kita tahu bahwa ketiga panggilan itu merupakan waktu yang berharga untuk kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kedua panggilan sebelumnya agar pada panggilan Allah ketiga yaitu kematian, kita dapat menjawabnya dengan hati dan sikap yang khusnul khotimah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Terindah Dari Doa Nabi Sulaiman AS

12 Ayat Al Qur’an Telah Dibuktikan Secara Ilmiah. Salah Satunya Tumbuhan Bertasbih

Jangan Malu Terlihat Miskin, Malulah Saat Pura-Pura Kaya, Bagikan Jika Setuju!