Pesan Terindah Dari Doa Nabi Sulaiman AS


Pesan terindah dari doa Nabi Sulaiman AS akan memberikan kita motivasi untuk terus beramal saleh. Nabi Sulaiman adalah anak dari Nabi Daud AS. Saat masih kecil, beliau sudah menunjukkan kecerdasannya. Tak heran jika kemudian saat berusia 13 tahun, beliau menjadi raja menggantikan ayahnya, Nabi Daud AS.


Inilah doa terindah Nabi Sulaiman 

Nabi Sulaiman AS dikenal sebagai penguasa yang agung karena mempunyai harta yang melimpah, dan juga mukjizat luar biasa. Beberapa di antaranya adalah dapat berbicara dengan jin, angin dan binatang. Namun, beliau tidak pernah menyombongkan diri atas kelebihannya itu karena beliau sadar bahwa segala yang dimilikinya itu adalah anugerah dari Allah SWT.

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan mengenai doa yang diucapkan Nabi Sulaiman atas segala nikmat yang dimilikinya itu. Doa itu merupakan pesan yang memiliki makna begitu mendalam. Nabi Sulaiman memohon pada Allah agar menganugerahinya petunjuk untuk tetap bersyukur atas nikmat-Nya yang telah dianugerahkan pada beliau dan pada orang tuanya dan agar beliau mengerjakan kebajikan yang diridhai oleh Allah, dan beliau juga memohon agar dimasukkan dengan rahmat-Nya ke dalam golongan hamba Allah yang saleh.

Berdasarkan kisah Nabi Sulaiman AS di atas, beliau mengucapkan rasa syukurnya atas segala nikmat yang telah diberikan Allah pada Nabi Sulaiman dan orang tuanya. Atas kenikmatan itu, beliau ingin selalu melakukan kebajikan atas ridho Allah agar beliau bisa masuk dalam golongan orang yang saleh.

Nabi Sulaiman merupakan seorang raja yang begitu kaya raya tapi tidak lalai terhadap kewajibannya untuk tetap bersyukur atas nikmat yang diperolehnya itu. Untuk itu, sudah seharunya kita yang merupakan manusia biasa meneladani sikap Nabi Sulaiman yang tak lupa untuk selalu bersyukur pada Allah.

Terdapat beberapa hikmah yang bisa kita petik dari doa terindah dari Nabi Sulaiman AS yang mendalam itu, yaitu:

1. Mensyukuri nikmat

Tanpa adanya taufik dari Allah maka kita tidak akan bersyukur nikmat-Nya. Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa jika kita mensyukuri apa yang kita miliki maka Allah akan menambahkan nikmat tersebut.

2. Tidak melupakan orang tua

Meskipun Nabi Sulaiman memiliki harta melimpah, kekuasaan dan nikmat lainnya tidak lantas membuat beliau lupa terhadap kedua orang tuanya. Orang tua merupakan nikmat terbesar bagi setiap orang karena dari orang tualah mereka bisa ada, selain atas ijin Allah.

3. Mencari ridho dari Allah SWT

Tujuan pokok setiap perilaku atau amalan adalah untuk mendapatkan ridho Allah. Oleh karena itu, sebesar atau sebanyak apa pun amal yang kita lakukan seharusnya kita menyematkan niat untuk mendapatkan ridho Allah karena hanya dengan ridho-Nya lah amalan kita bisa bermanfaat.

4. Menggunakan nikmat yang diperoleh menuju kebajikan

Setiap nikmat yang kita dapatkan hendaknya digunakan dalam kebajikan. Gunakanlah hikmat itu untuk selalu melakukan perintah-Nya dan berusaha menjauhi larangan-Nya.

5. Berdoa agar masuk dalam golongan orang saleh

Pada akhir doa Nabi Sulaiman, terdapat harapan beliau agar bisa masuk dalam golongan orang yang saleh. Selain beliau, ada banyak Nabi yang mengharapkan hal yang sama pada akhir doanya. Para Nabi dengan keimanan yang kuat saja berdoa agar bisa dimasukkan ke dalam golongan orang Saleh, maka sudah seharunya kita juga memanjatkan doa tersebut di setiap doa-doa kita dan mengaplikasikannya dalam setiap perbuatan sebagaimana orang saleh lainnya.

Demikian pesan terindah dari doa Nabi Sulaiman AS yang penting kita ketahui untuk menuntun kita dalam jalan kebenaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Ayat Al Qur’an Telah Dibuktikan Secara Ilmiah. Salah Satunya Tumbuhan Bertasbih

Jangan Malu Terlihat Miskin, Malulah Saat Pura-Pura Kaya, Bagikan Jika Setuju!